Jenis-Jenis Marine Fender Dan Fungsinya
Jenis-Jenis Marine Fender Dan Fungsinya

Jenis-Jenis Marine Fender Dan Fungsinya

Diposting pada

Marine fender adalah sejenis peralatan kelautan untuk melindungi kapal dll selama kontak terhadap berbagai hal seperti dermaga. Fender laut sering dikenal sebagai bemper laut juga. Ini adalah peralatan yang sangat penting karena pencegahan kerusakan pada kapal dan permukaan lainnya. Peralatan fender digunakan dalam sistem atau struktur untuk kapal sehingga kepala atau lambung kapal / kapal dapat terlindungi saat terjadi benturan. Peralatan ini juga bisa ditemukan di dermaga, dermaga, dermaga dan struktur pelabuhan. Ada berbagai jenis marine fender dengan berbagai fungsi dan bentuknya berbeda. Beberapa yang paling populer meliputi:

  • Cell Fender

Adalah salah satu desain fender yang paling andal dan terbukti dan bisa dibilang merupakan struktur yang paling umum digunakan di industri maritim. Fender adalah yang sering digunakan di platform minyak dan LNG, terminal lepas pantai, tempat berlabuh kontainer dan lain-lain. Ini adalah jenis fender laut yang bisa memberikan performa tinggi dan sangat tahan lama. Bentuknya memberikan ketahanan geser dan kekokohan, dilengkapi dengan kapasitas untuk menyerap energi dengan cara yang sama dari berbagai arah dan struktur yang kompak.

  • Conde Fender

Ini adalah jenis fender laut yang bisa dianggap sebagai versi perbaikan dari fender sel. Ini adalah jenis fender yang cocok untuk penanganan dengan berbagai situasi karena geometrinya yang sangat efisien. Aplikasinya bisa ada di situs tersebut dengan perbedaan variasi pasang surut. Fitur canggih dari fender ini dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan crane kapal dalam penanganan material. Fender ini bisa dengan mudah dibelokkan karena bentuknya dan mampu menyerap energi dari berbagai arah. Sehingga membuatnya sangat stabil meski memiliki sudut kompresi yang besar.

  • Pneumatic Fender

Ini adalah fender yang digunakan terutama untuk tujuan transfer dari satu kapal ke kapal lainnya di pertengahan lautan. Fender pneumatik memerlukan perawatan minimal, sehingga biaya diminimalkan. Fitur khusus dari fender ini adalah gaya reaksi yang lebih rendah pada saat defleksi lebih rendah (soft reaction force). Properti ini membuat fender ini sangat sesuai untuk operasi Ship-to-ship (STS). Biasanya ban / rantai bersih bisa dipasang pada fender pneumatik untuk menawarkan perlindungan ekstra.

  • Arch Fender

Ini adalah jenis marine fender yang merupakan desain sederhana yang memberikan kinerja geser yang sangat baik. Ukuran pelek lengket bervariasi sesuai persyaratan. Jenis fender ini cocok untuk kapal dengan tekanan lambung yang diijinkan tinggi karena disainnya. Aplikasi populernya meliputi kapal kargo umum, pelabuhan pekerja, tempat berlabuh dan banyak lagi.

Ini hanyalah beberapa marine fender yang paling populer di industri ini. Bergantung pada persyaratan, aplikasi dan batasan, jenis yang berbeda menarik bagi kasus yang berbeda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *