Cara Install Windows di Komputer
Cara Install Windows di Komputer

Cara Install Windows di Komputer

Diposting pada

Cara Install Windows di Komputer – Merupakan suatu cara untuk memperbarui sistem operasi pada komputer yang bisa dilakukan dengan mudah. Hal ini biasanya di sebut dengan instal ulang windows bagi yang sudah pernah menggunakan sistem operasi tersebut, namun jika Anda baru saja beli laptop dalam keadaan “kosongan” tanpa sistem operasi maka bisa ikuti panduan di bawah ini. Caranya sama saja antara yang install ulang maupun install baru.

cara-install-windows

Nanti kita akan membuat sebuah partisi harddisk tersendiri sebagai tempat untuk instalasi windows. Biasanya setiap ada instalasi seperti ini akan ditempatkan pada Drive C, sedangkan drive yang lain misalnya drive D dan drive E biasanya berisi file-file yang tidak perlu diformat. Dengan hanya memformat drive C ini akan menghapus seluruh sistem pada satu partisi drive C saja, termasuk akan menghapus sistem dan virus jika ada. Maka bisa dipastikan setelah install ulang windows akan bersih dari virus, selama virus tersebut bertempat di sistem dan drive C.

Sebelum kita melakukan instal ulang atua instal baru sebuah sistem operasi Windows , sebaiknya back up dahulu data-data penting yang ada pada komputer sebelumnya dengan memindahkannya ke harddisk eksternal atau flashdisk dengan kuota yang besar. Karena nantinya kita akan menghapus partisi hard drive utama (drive C) sehingga bersih dan instal Windows sebelumnya. Data yang perlu di backup jangan lupa yang ada di desktop sekalian jika ada, kebanyakan yang saya temui adalah lupa pada tahap ini.
Selain itu, untuk dapat install ulang maka kita membutuhkan master windows yang bisa berupa DVD Installer maupun Flashdisk yang sudah berisi instalasi windows. Silakan baca cara membuat bootable flashdisk pada alamat tersebut. Sebaiknya gunakan insaller windows yang asli untuk mencegah masalah di kemudian hari. Karena bisa saja DVD bajakan berisi virus, malware, spyware, dan sebagainya.

Langkah-langkah membuat instal windows

  1. Ubah pilihan booting dari DVD atau flashdisk
  2. Restart komputer/laptop
  3. Tekan tombol apapun saat diminta press any key
  4. Ikuti petunjuk selanjutnya dengan klik next
  5. Saat sampai pada pilihan Custom (advanced) akan memproses Windows dari awal, sehingga nanti akan seperti baru, dan menghapus sistem operasi yang lama.
  6. Pilih drive C sebagai lokasi install
  7. Klik next dan tunggu hingga selesai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *