Umrah
Umrah

Umrah

Diposting pada

Umroh Desember – Umrah (Arab: عمرة‎) adalah tidak benar satu kegiatan ibadah dalam agama Islam. Hampir mirip bersama ibadah haji, ibadah ini dilakukan bersama cara lakukan lebih dari satu ritual ibadah di kota suci Mekkah, terlebih di Masjidil Haram.

Pada arti teknis syari’ah, Umrah berarti melaksanakan tawaf di Ka’bah dan sa’i antara Shofa dan Marwah, sehabis memakai ihram yang diambil dari miqat. Sering disebut pula dengan haji kecil.

Perbedaan umrah bersama haji adalah pada saat dan tempat. Umrah bisa dilakukan setiap waktu (setiap hari, setiap bulan, setiap tahun) dan cuma di Mekkah, namun haji cuma bisa dilakukan pada lebih dari satu saat pada tanggal 8 Dzulhijjah hingga 12 Dzulhijjah dan juga dilakukan sampai ke luar kota Mekkah.

Seorang jamaah umrah asal Indonesia di Ka’bah pada saat proyek perluasan Masjdil Haram jadi dikerjakan.
Indonesia merupakan negara muslim terbesar di dunia, lebih kurang 80% masyarakat Indonesia adalah muslim. Pada kebanyakan masyarakat muslim Indonesia lakukan umrah menuju Masjidil Haram di Arab Saudi melalui travel umrah atau sebuah perusahaan travel atau biro perjalanan yang khusus menyelenggarakan jasa perjalanan umrah yang banyak tersebar di Indonesia. Mereka sediakan beragam sarana yang memudahkan jamaah supaya konsentrasi jamaah cuma pada pelaksanaan ibadah umrah saja di Masjidil Haram di Mekkahdan Madinah. Travel umrah bekerja mirip bersama hotel di lebih kurang Masjidil Haram supaya terlampau memudahkan jamaah. Pada kebanyakan biro perjalanan umrah menentukan lebih dari satu paket umrah dan yang paling sekurang-kurangnya adalah 9 hari perjalanan berasal dari Indonesia ke Arab Saudi dan lagi ke Indonesia lagi.

Jemaat Umrah berasal dari Indonesia

Pada 20 Desember 2016, Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin memaparkan bahwa penyelenggaraan umrah pada tahun 2016 mengalami peningkatan berasal dari tahun sebelumnya. Meningkatnya peserta selain gara-gara kesadaran dan antrian haji yang panjang, juga gara-gara bertumbuhnya ekonomi masyarakat. Ia juga mengutarakan potensi perputaran uang masyarakat yang capai triliunan rupiah dan beri tambahan dampak bagi sektor ekonomi secara langsung seperti sektor penerbangan, perbankan dan leasing, asuransi, dan industri tempat tinggal tangga berbentuk penyediaan perlengkapan umrah.

Paparan itu meliputi pelaksanaan umrah berasal dari November 2015 sampai Juni 2016. Ada 584.924 anggota jemaat umrah di periode tersebut. “Dengan analisis harga yang murah, Rp 20 juta, perputaran uang capai triliunan rupiah,” ungkap Lukman. Diperkirakan sampai akhir 2016, total anggota jemaah umrah berkisar 810.000 orang. Jumlah ini lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya, yaitu lebih kurang 710.000 orang.

Selain itu pelaksanaan umrah sesudah itu diinginkan dapat lebih baik lagi gara-gara kini tersedia aplikasi melalui ponsel yang amat mungkin jemaah melaporkan beragam keluhan. Ada dua aplikasi di ponsel Android, yaitu aplikasi Umrah Cerdas dan aplikasi SIMPU Online (Sistem Informasi Manajemen dan Pelaporan Umrah). Aplikasi Umrah Cerdas diperuntukkan bagi masyarakat luas untuk beroleh Info tentang penyelenggaraan perjalanan ibadah umrah dan juga mengemukakan aduan. SIMPU Online adalah proses penyambung Info pada Kementerian Agama, PPIU (Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah),provider visa, dan juga semua lembaga tentang umrah yang terkoneksi secara online sebagai pusat kendali semua aktivitas umrah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *