Profil Cristiano Ronaldo
Profil Cristiano Ronaldo

Profil Cristiano Ronaldo

Diposting pada

Bola Online – Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, OIH (lahir di Funchal, Madeira, Portugal, 5 Februari 1985; umur 33 tahun) atau lebih dikenal Cristiano Ronaldo merupakan seorang pemain sepak bola Portugal. Ia mampu berposisi sebagai sayap kiri atau kanan dan juga penyerang tengah. Saat ini ia bermain untuk tim Spanyol, Real Madrid dan untuk tim nasional Portugal. Sebelum bermain untuk Real Madrid, ia pernah bermain di Sporting Lisboa dan Manchester United. Pemain yang sering bernomor punggung 7 di lapangan hijau ini juga akrab bersama sebutan CR7, paduan berasal dari inisial nama dan nomor punggungnya.

Dia memakai nomor punggung 7 di United, yang di awalnya dikenakan oleh Johnny Berry, George Best, Steve Coppell, Bryan Robson, Eric Cantona dan David Beckham. Setelah menggunakan th. pertamanya di Madrid mengenakan nomor punggung 9, ia terasa mengenakan nomor 7 kembali menyusul kepergian pemain legendaris Raul Gonzalez.

Segudang prestasi telah berhasil dia raih. Cristiano Ronaldo berhasil mencapai gelar FIFA Ballon D’Or di bulan Januari 2015 lantas yang diadakan di markas FIFA Zurich, Swiss. Gelar FIFA Ballon D’Or ini merupakan penghargaan ketiga bagi Ronaldo, setelah di awalnya pada th. 2013 lantas dan 2008 kala tetap berseragam Manchester United.

Kehidupan awal

Ronaldo lahir di Madeira, Portugal, anak berasal dari Maria Dolores dos Santos Aveiro dan José Dinis Aveiro. Dia miliki kakak laki-laki bernama Hugo, dan dua kakak perempuan, Elma dan Liliana Cátia. Liliana Bekerja sebagai penyanyi bersama nama panggung “Ronalda” di Portugal. Diberi nama keduanya “Ronaldo” dipilih berasal dari mantan Presiden AS Ronald Reagan, yang menjadi aktor favorit ayahnya. Nenek buyutnya Isabel da Piedade berasal berasal dari Cape Verde. Keluarganya penganut Katolik taat dan hidup didalam kemiskinan, Ronaldo tidak miliki mainan dan share kamar bersama saudara-saudaranya. Pada umur 14, Ronaldo setuju bersama ibunya untuk fokus sepenuhnya pada sepak bola.

Karier

Junior

Cristiano join bersama Andorinha (1993—1995), Nacional (1995—1997), dan Sporting Lisboa (1997—2001) pada masa junior.

Klub

Sporting Lisboa

Cristiano pernah bermain untuk Sporting Lisboa pada 2001—2003 bersama nomor punggung 28. Ia bermain 25 kali dan mencetak 3 gol. Pada pertengahan musim panas 2003, Sporting Lisboa mengadakan pertandingan persahabatan melawan Manchester United bersama skor akhir Sporting 3-1 M.U., sebuah kekalahan yang mengejutkan bagi sebuah klub raksasa Inggris sekaliber Manchester United. Lebih jauh kembali kemenangan ini seluruh didalangi oleh permainan cemerlang berasal dari Cristiano Ronaldo muda berasal dari Sporting, memicu para pemain Manchester United mendesak Sir Alex Ferguson, pelatih mereka, untuk segera merekrut pemain muda brilian tersebut.

Manchester United

Dari apa yang berlangsung sejak pertandingan persahabatan itu, Ronaldo pun didatangkan ke Manchester United. Sebelum ia bermain untuk klub itu, Sir Alex Ferguson menanyakan pada Ronaldo angka berapa nomor punggung yang diharapkannya. Cristiano Ronaldo menjawab 28, karena itu adalah nomor favoritnya. Namun Sir Alex Ferguson malah berkata tidak, terasa sekarang nomor punggungnya adalah 7. Di Manchester United, penyandang nomor punggung 7 secara turun temurun adalah pemain legendaris yang mempunyai Manchester United ke puncak kejayaannya, dan Sir Alex Ferguson menambahkan nomor punggung keramat itu sebagai bentuk penghargaannya kepada talenta brilian yang dimilikinya. Ia bermain 196 kali dan mencetak 84 gol.

Real Madrid

Pada 1 Juli 2009, ia rubah ke Real Madrid, klubnya kala ini, bersama memecahkan rekor transfer sebesar 80 juta poundsterling atau kurang lebih Rp 1,3 Triliun, yang menjadikannya sebagai pemain termahal didalam peristiwa sepak bola kala itu. Ia telah bermain 81 kali dan mencetak 87 gol untuk Real Madrid. Pada musim La Liga 2010/2011, Ronaldo mencatatkan dirinya sebagai pencetak gol terbanyak di La Liga didalam 1 musim, sejumlah 40 gol. Dia pun telah mencetak 15 Gol di El Clasico , dia pun menjadi pencetak Gol terbanyak UCL didalam 1 musim (2013-14) bersama torehan 17 Gol , hattrick v Galatasaray (1-6) , 2 Gol v Copenhagen (4-0) , 2 Gol v Juventus (2-1) , 1 Gol v Juventus (2-2) , 1 Gol v Copenhagen (2-0) , 2 Gol v Schalke (1-6) dan 2 Gol v Schalke (3-1) , 1 Gol v Dortmund (3-0) , 2 Gol v Bayern Munchen (0-4) dan ikut menyumbang 1 Gol di Final UCL 2014 di Lisbon usai elibas Atletico Madrid 4-1 lewat titik penalti di menit 120′ usai dia dijatuhkan Godin di kotak penalti. Di musim 2015-2016, ia menjadi penentu kemenangan Real Madrid di FINAL UCL 2016 melawan Atletico Madrid lewat babak adu penalti usai skor berakhir 1-1 dan telah lewat Extra Time. Dengan skor 5-3 di adu penalti, Real Madrid menjuarai UCL 2016.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *