Cara usaha ternak ayam dan memulai bisnisĀ peternakan ayam, banyak di lirik oleh pengusaha bedar atau pun yang pemula. Untuk bisnis peternakan ayam bisa di bilang menjanjikan dengan potensi pasar yang sangat luas dan hampir ada di setiap wilayah. Kalian juga bisa memulainya dengan memanfaatkan penjualan seperti telur ayam, daging ayam, dan pupuk kandang yang di hasilkan dari kotoran ayam.

Berternak ayam juga bisa di bilang mudah apalagi kalau ayam yang kita ternak adalah ayam kampung yang memiliki ketahanan serta kualitas daging yang sangat baik. Saya punya tips untuk kalian yang ingin memulai dan bertanya bagaimana cara usaha ternak ayam dan akan memulai bisnis perternakan ayam. Silahkan mencoba tips dari saya dan semoga sukses ya.

Cara usaha ternak ayam & Pemilihan jenis ayam

Cara usaha ternak ayam

Pertama kita memulai dengan pemilihan jenis ayam yang akan kita ternak, apakah kalian ingin berternak ayam kampung atau ayam ras? Jika kalian ingin mendapatkan hasil yang cepat pilihannya adalah dengan memilih berternak ayam ras. Mengapa ternak ayam ras, mengapa tidak ternak sapi? Karena ayam ras memiliki perkembangan dan pertumbuhan yang sangat cepat. Tapi bukan berati ayam kampung juga kalah menguntungkan. Mari kita bandingkan dari segi keutungan dan kerugiannya antara ayam kampung dengan ayam ras.

  • Keunggulan ayam kampung :
  1. Mudah untuk diternakkan
  2. Daging sehat
  • Kelemahan ayam kampung :
  1. Banyak yang tidak suka dengan ayam kampung karena lumayan keras dagingnya
  2. Harga jual daging dan telur termasuk mahal
  3. Biaya produkti tidak terlalu tinggi
  • Keuntungan ayam rasĀ :
  1. Banyak orang yang menyukainya karena dagingnya yang lunak
  2. Harga jual daging dan telur termasuk normal
  3. Cepat bertumbuh kembang dengan baik
  4. Sangat mudah untuk memasarkannya
  • Kelemahan ayam ras :
  1. Mudah mati
  2. Sistem ternak lebih sulit
  3. Dagingnya mengandung obat dan bisa di bilang kurang sehat

Peralatan dan perlengkapan

Untuk memulai bisnis peternakan ayam, salah satu cara usaha ternak ayam ini tentu saja kalian membutuhkan kandang yang di sesuaikan dengan kapasitas jumlah ayam yang kalian miliki, karena untuk membuat peternakan, harus dalam kondisi dan keadaan yang baik. Sangat di sarankan agar ayam selalu ada di dalam kandang agar semuanya mudah dikontrol dengan baik saat membuat usaha ternak ayam petelur. Jangan lupa juga untuk menyediakan kandang yang besar dan bisa untuk menampung ayam dalam jumlah kapasitas yang banyak. Usahakan juga untuk membuat kandang yang lebih tinggi dari tanah, agar bisa untuk menampung kotoran ayamnya.

Setelah kandang selesai di sediakan, langkah kedua kita harus mempersiapkan perlengkapan yang lainnya seperti makanan, tempat minum untuk ayam, dan juga hal yang paling penting yaitu sediakan obat-obatan untuk ayam yang sakit.