Sebuah kantor atau perusahaan yang mempekerjakan karyawan dengan jumlah yang besar sudah tentu akan menggunakan mesin absensi sebagai pencatat kehadiran karyawan. Mesin absensi yang ada di pasaran dapat dibedakan menjadi dua yaitu mesin manual dan mesin elektronik berbasis biometrik.  Ada banyak pilihan dengan berbagai merk dan kualitas. Membelinya pada distributor mesin absensi yang tepat dan tepercaya adalah suatu langkah yang patut untuk diikuti. Supaya Anda tidak tertipu dengan berbagai jenis tawaran yang ada pada distributor online.

Memilih Kelengkapan Kantor di Distributor Mesin Absensi

Setelah Anda menentukan jenisnya, carilah informasi yang benar mengenai distributor mesin tersebut. Termasuk kontak person yang jelas, alamat distributor, dan reputasi distributor tersebut kepada beberapa orang atau teman yang pernah membelinya di sana. Mesin absensi elektronik berbasis biometrik memiliki beberapa keunggulan dibanding mesin absensi manual. Mengapa? Biometrik yang dipakai sebagai dasar pencatat kehadiran karyawan umumnya sidik jari atau retina mata. Karena sidik jari atau retina mata yang dimiliki oleh setiap orang tidaklah sama. Ada beberapa pola tertentu yang dianggap unik dan berbeda.

Oleh karena itu dengan dikembangkannya mesin jenis ini, perusahaan akan bisa lebih efektif memantau kehadiran karyawan. Karyawan tidak bisa curang atau memanipulasi kehadiran dengan cara menitipkan absen kepada teman yang lain. Mesin dilengkapi dengan pencatat waktu, sehingga akan ketahuan siapa yang datang terlambat, siapa yang lembur ataupun yang tidak masuk kerja. Mesin juga dilengkapi software yang semua bisa tercatat rapi di komputer.

Distributor mesin absensi yang lengkap dan tepercaya sudah tentu menyediakan berbagai merk dengan harga serta fitur-fitur yang berbeda. Secara umum yang ditawarkan adalah mesin absensi dengan sidik jari, namun dari berbagai produsen mesin ini tentu akan melengkapinya dengan perangkat lunak yang tidak akan persis sama. Makanya pilihlah merk dan fitur software yang disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan Anda. Ada mesin absensi yang memiliki keterbatasan dengan banyaknya database yang mampu disimpan. Selain itu pihak HRD atau orang yang Anda percayai harus benar-benar paham dan mampu menggunakannya. Sebab hal ini bisa berdampak kepada sistem pengolahan gaji yang akan diterima oleh karyawan.