Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan yang Harus Anda Ketahui
Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan yang Harus Anda Ketahui

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan yang Harus Anda Ketahui

Posted on

Pada umur ini biasanya Anda juga akan mulai mendengarnya berceloteh satu atau dua patah kata, seperti ‘ma-ma’ atau ‘ba-ba’. Diluar itu, bayi 4 bln. umumnya telah dapat berguling dari tempat tengkurap ke kemampuanng, serta demikian sebaliknya.

Berat tubuhnya telah jadi bertambah jadi 2 x lipat dibanding saat dilahirkan. Bayi 4 bln. berjenis kelamin lelaki biasanya juga akan berbobot 5, 6-8, 6 kg dengan panjang sekitaran 60-67, 8 cm. Sesaat bayi wanita berbobot 5, 1-8, 1 kg dengan berat 58-66, 2 cm.

Bayi 3 bln. bisa mencapai benda, pada umur ini, dia mulai dapat menangkap vokal serta konsonan pembentuk kalimat basic dalam bhs yang seringkali dia dengar. Walau belum juga dapat mengidentifikasi kalimat itu jadi nama benda atau panggilan orang yang lain, tetapi dia juga akan tetaplah semangat mengatakan suku-suku kata itu.

Perkembangan Bayi Usia 4 Bulan yang Harus Anda Ketahui

Kekuatan Motorik

Pada umur ini, kursi goyang spesial untuk bayi (bouncer) bisa jadi fasilitas bermain yang pas untuk dia. Mainan yang bergantung di atasnya bisa jadi alat untuk meningkatkan koordinasi tangan serta matanya. Diluar itu, biasanya bayi umur 4 bln. mempunyai kekuatan tersebut.

  1. Bisa mencapai benda yang menarik perhatiannya, mengisyaratkan koordinasi tangan serta penglihatannya selalu lebih baik.
  2. Matanya bisa ikuti gerakan serta perpindahan suatu hal dari satu tempat ke tempat beda.
  3. Kepalanya bisa tegak tanpa ada pertolongan/disangga orang dewasa.
  4. Bisa membalikkan tubuh dari tempat tengkurap ke kemampuanng, serta demikian sebaliknya. Waktu dibaringkan tengkurap, dia bisa menegakkan tangan serta kakinya, dan melengkungkan punggung. Tempat ini bisa berguna untuk menguatkan leher serta kepala, jadi persiapan duduk.
  5. Bila diberdirikan, kakinya bisa menjejak-jejak lantai, walau belum juga bisa jalan.
  6. Bayi 4 bln. bisa menegakkan kepala serta pundak waktu diangkat dari tempat tidur serta digendong.
  7. Bayi Anda telah bisa mulai diposisikan duduk dengan disangga karna tulang belakangnya yang telah menguat.

Oleh karna bayi 4 bln. mulai aktif berguling kesana-kemari, yakinkan dia berguling ditempat tidur atau permukaan yang aman. Letakkan pengaman di sekelilingnya seperti tumpukan bantal supaya dia tidak terjatuh. Beri pujian waktu dia berhasil merubah tempat dari tengkurap ke kemampuanng. Ini juga akan membuatnya semangat mengulang pergerakan serta dengan hal tersebut otot-ototnya juga akan semakin terlatih. Perlu anda ketahui jangan biarkan bayi yang masih dibawah 1 tahun tidur dengan menggunakan bantal yang empuk, gunakan bantal olus pillow yang isiannya menggunakan kulit kacang hijau yang aman untuk bayi dan berguna untuk mencegah terjadinya perubahan bentuk kepala bayi.

Kekuatan Bicara

Dia mulai bisa berceloteh serta menirukan nada yang dia dengar dengan memerhatikan gerakan bibir Anda waktu bicara serta menirukannya. Bayi 4 bln. bisa mulai berceloteh dengan menggabungkan konsonan serta vokal seperti ‘pa-pa’ atau ‘ya-ya’. Vokal “a” yaitu huruf yang seringkali di lafalkan bayi lebih dahulu, terlebih waktu dia mulai dapat berceloteh. Dia mulai suka pada kekuatannya buat bunyi-bunyi serta mendengar nada itu di telinganya sendiri.

Anda bisa mengajaknya berkomunikasi dengan mengatakan kalimat simpel, seperti ‘mama’ atau ‘papa’. Peluang dia telah bisa menirukan Anda. Anda juga butuh selekasnya merespons demikian si Kecil berupaya mengatakan suatu hal. Ini dibutuhkan supaya dia semakin percaya untuk mengatakan kalimat semakin banyak. Pada akhir bln., dia telah bisa mengulang sepatah kata berulang-kali, seperti ‘mama-mama’ atau ‘baba-baba’.

Kekuatan Sosial

Bayi 4 bln. biasanya bisa tersenyum dengan spontan pada orang yang menarik perhatiannya. Diluar itu, umumnya dia telah dapat :

  1. Menirukan ekspresi muka orang dewasa yang tersenyum lebar atau cemberut.
  2. Mulai bisa bermain dengan orang yang lain serta dapat menangis saat permainan berhenti.
  3. Masih tetap berkomunikasi dengan menangis. Nada tangisan yang dia perdengarkan peluang juga akan berlainan untuk setiap keperluan, umpamanya saat capek, lapar, atau sakit.
  4. Walau seringkali menangis, tetapi ada saatnya dia telah mulai bisa tertawa saat lihat hal yang dia anggap lucu atau menarik.

Hal Beda yang Butuh Diperhatikan

Lambung bayi 4 bln. telah semakin besar dibanding terlebih dulu, hingga frekwensi membuatya semakin lebih menyusut. Sekali menyusu, dia juga akan penuhi perutnya sampai kenyang. Untuk memenuhi keperluan bayi dengan alami, nutrisi dalam ASI Anda akan beralih jadi semakin banyak lemak serta mineral.

Beberapa orangtua telah mulai memberi makanan padat pada bayi 4 bln. atau bahkan juga terlebih dulu, tetapi baiknya bayi tetaplah memperoleh ASI eksklusif sepanjang 6 bln. pertama hidupnya. Memberi makanan pendamping ASI (MPASI) sangat awal bisa buat resiko alergi jadi lebih tinggi serta bayi Anda tidak memperoleh faedah maksimal dari gizi ASI.

Diluar itu, pada umur ini, waktu menyusu, perhatiannya semakin lebih seringkali terpecah oleh beberapa hal di sekelilingnya, seperti nada saudaranya, bunyi TV, atau orang yang datang. Untuk meminimalisasi hal itu, sebaiknya untuk menyusuinya di ruang yang tenang.

Tanyakan pada Dokter

Perkembangan setiap bayi berbentuk unik serta tidak bisa disamakan. Info diatas adalah hal yang bisa jadi tips, tetapi tidak jadi kewajiban kekuatan yang dipunyai setiap bayi pada umur ini. Walau sekian, bila ada hal yang di kuatirkan dari perubahannya, baiknya periksakan bayi Anda ke dokter, terlebih bila :

  1. Bayi 4 bln. tidak tersenyum saat lihat Anda atau suatu hal yang menarik perhatian.
  2. Kepalanya tidak bisa tegak dengan sendirinya.
  3. Tidak bisa memerhatikan gerakan benda.
  4. Tidak memasukkan benda yang dipegangnya ke mulut.
  5. Kakinya tidak menjejak ke permukaan lantai bila diposisikan berdiri.
  6. Tidak juga berceloteh atau keluarkan nada apapun.

Pada intinya, segalanya bisa jadi mainan serta hal menarik untuk bayi 4 bln., hingga sesungguhnya di umur inilah belum juga sangat perlu banyak mainan. Dia telah tertarik waktu Anda menjulurkan lidah atau menirukan nada hewan. Lepaskan dia untuk memegang beragam benda bersih serta aman, seperti handuk, permukaan sofa, bola, buah, supaya dia mengetahui beragam struktur, bentuk, serta warna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *