Bagaimana Membuat atau Menyusun KPI?
Bagaimana Membuat atau Menyusun KPI?

Bagaimana Membuat atau Menyusun KPI?

Diposting pada

Konsultan KPI – Bulan-bulan ini dan tiga bulan ke belakang, banyak perusahaan yang menghubungi HRD Forum tentang bersama pertanyaan bagaimana jika mereka idamkan mengakibatkan atau menyusun KPI di perusahaan. Maksudnya meminta pihak HRD Forum membuatkan atau menyusunkan KPI di perusahaan-perusahaan tersebut. Banyak pertanyaan yang kami terima bersama situasi internal perusahaan yang berbeda-beda. Ada perusahaan yang secara sistem operasional HR nya telah baik, setidaknya telah memiliki job descriptionuntuk setiap job position, telah memiliki SOP Standard Operating Procedures, tersedia yang telah mempunyai Working Instruction, apalagi telah mempunyai desain kompetensi dan sebagainya. Tetapi tersedia termasuk perusahaan yang belum mempunyai apa-apa. Job description pun belum ada. Nah untuk perusahaan-perusahaan yang belum mempunyai job description, kami rekomendasikan untuk mengakibatkan job description khususnya dahulu sebelum melangkah pada pembuatan KPI Key Performance Indicators.

Apa Syarat sekurang-kurangnya dalam pembuatan KPI

Rekan HR di semua Indonesia yang kita sayangi, sehingga dapat menyebabkan KPI bersama baik dan lancar serta tepat sasaran, maka syarat sekurang-kurangnya yang mesti dimiliki yakni ada job description untuk semua job position. Dengan punyai job description maka itu merupakan satu cara yang baik yang bakal mempermudah dan memperlancar pembuatan KPI. Kita belum bicara apakah job descriptionnya valid, update dan sesuai bersama kenyataan di lapangan. Rekan-rekan semua pasti tahu, gangguan berasal dari job description kebanyakan isikan job description (sudah) tidak sesuai bersama kenyataan di lapangan.

Review Job Description

Mempunyai job description saja sesungguhnya belum cukup, yang tepat adalah memiliki job description yang valid, yang update, yang sesuai “isi” job description bersama kenyataan di lapangan, di dalam arti apa yang tertera sesungguhnya itulah pekerjaannya. Karena itu tahapan pertama dalam pembuatan KPI adalah liat job description. Dalam sistem liat job description ini goalnya adalah meyakinkan kesesuaian pada “isi” bersama kenyataan.

Memahami arti KPI – Key Performance Indicators

Dalam step berikutny, sistem pembuatan atau penyusunan KPI di mulai. Dalam step ini sang HR, atau sang konsultan, atau sang pembuat KPI harus terlalu mengetahui arti KPI. Apa fungsi KPI, Apa fungsi KPI, Apa tujuan KPI. Jadi mesti terlalu mengetahui bersama baik. Mengapa? Karena pemahaman yang benar bakal menyebabkan sistem pembuatan dan penyusunan KPI membuahkan KPI yang tepat. Tepat? ya Tepat, KPI yang sesuai bersama fungsi dan tujuan job position tersebut.

Memahami bisnis proses

Dalam sistem pembuatan atau penyusunan KPI, kita termasuk setidaknya haus mengetahui bagaimana bisnis sistem di bagian job position tersebut berada. Kemampuan helicopter view diperlukan sehingga kita dapat memandang secara clear apa fungsi dan tujuan job position tersebut ada di di dalam perusahaan, apa outcome yang diinginkan berasal dari job position tersebut.

Teknis Pembuatan atau Penyusunan KPI

Selanjutnya, di dalam sistem pembuatan atau penyusunan KPI, kita masuk di dalam kegiatan atau aktifitas teknis, bagaimana langkah-langkah teliti laksanakan sistem pembuatan KPI layaknya menentukan goal atau objective berasal dari tiap tiap tugas dan tanggung jawab, seterusnya ditetapkan indikator tertentu yang dapat mengambarkan apakah goal atau objective tersebut sudah dapat dikatakan sukses atau belum. sampai sistem ini selayaknya KPI sudah dapat dibuat atau disusun.

Problem di dalam pembuatan atau penyusunan KPI

Banyak perusahaan yang sudah punyai KPI agak terlewat diproses tekhnis di atas, yakni bagaimana menentukan goal atau objective. Apa sesungguhnya goal berasal dari semua tugas dan tanggung jawab tersebut? tidak cukup tepatnya penetapan ini bakal berakibat terhadap penetapan KPI yang tidak cukup tepat.

KPI yang tidak cukup berbobot, KPI yang tidak nyambung, KPI yang tidak penting, itu jadi temuan di banyak kesempatan sementara HRD Forum diminta membuatkan KPI di banyak perusahaan.

Bagaimana bersama KPI di perusahaan Anda? Apakah KPI di perusahaan Anda mobilisasi semua karyawan? Apakah perusahaan Anda layaknya pesawat yang bergerak bersama sistem autopilot? atau bagaimana?

Sampai jumpa di di dalam pertemuan-pertemuan berikutnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *